INFORMASI GAME

Ulama Keluarkan Fatwa Haram PUBG, Apakah PUBG Segera di Blokir ?

Berita terbaru mengenai game PUBG sekarang ini sedang ramai terkait fatwa haram yang dikeuarkan oleh Manjelis Permusyawaratan Ulama ( MPU ) Aceh. Adanya fatwa haram bermain game PUBG dan sejenisnya juga ditanggapi oleh anggota DPR Aceh (DPRA) Asrizal H Asnawi .

Asrizal H Asnawi  meminta kepada pemerintah dalam hal ini KEMENKOMINFO untuk segera memblokir game tersebut. Dengan menimplentasikan fatwa haram yang diwujudkan dalam bentuk pencegahan atau pemblokiran game PUBG dan game perang sejenisnya akan menghindari dampak negatif dari permainan game PUBG dan sejenisnya.

Menurut Asrizal, fatwa yang sudah dikeluarkan oleh ulama Aceh ini harus dikwal dan di sosialisasikan ke masyarakat luas oleh pemerintah. Bukan hanya itu sha, Dinas syariat islam kabupaten/kota ACeh juga harus mensosialisasikan dan mnegajak pihak terkait untuk mengeluarkan maklumat bersama terkait fatwa haram PUBG.

Maklumat tersebut jelasnya dapat berbentuk surat edaran yang di tempelkan di tempat-tempat keramaian seperti di lokasi yang terdapat fasilitas internet. Dan jika ada yang mengabaikan edaran tersebut maka Asrizal meminta agar polisi syariat segera melakukan razia ke tempat=tempat tersebut.

Intinya fatwa haram bermai PUBG yang sudah di keluarkan ulama Aceh ini  harus di kawal dan di sosialisasikan ke masyarakat luas bahkan bukan hanya untuk Aceh saja. Karena fatwa haram yang sudah dikeluarkan oleh ulama Aceh melalui sidang paripurna MPU Aceh selama tiga hari.

Menurut Asrizal, MUI Pusat juga sudah mewacanakan untuk membuat fatwa haram terait permainan game PUBG dan sejenisnya.

“Kita bersyukur Aceh sudah memfatwakannya. Kita berharap Menkominfo menangkap baik ide ini, agar mau memblokir game ini untuk wilayah Indonesia,” sebut Asrizal.

Selain itu pendapat fatwa haram PUBG juga di komentari oleh salah satu Direktur Eksekutif Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT), Teuku Farhan.

Farhan mengatakan ketika dirinya dilibattkan dalam sidang paripurna terkaait hukum dan juga dampak game PUBG dan sejenisnya berdasarkan fiqh islam, dirinya sempat menampilkan dua video yang berisi permainan perang tersebut.

Video yang di tampilkan farhan tersebut di unduh dari youtube yang merupakan salah satu video ungguahan youtuber gaming hasil merekam saat main game PUBG. Dalam video yang di tampilkan farhan tersbut ternyata menampilkan perang dengan membunuh 50 orang dan hal tersebut merupakan sebuah prestasi.

Nah, jika dikaitkan dengan penembakan di Selandia Baru jumlah yang meninggal juga sekitaran 50-an orang juga,” kata Farhan.

Sementara di video yang kedua yaitu sebuah iklan PUBG yang menjelaskan profil sepucuk senjata dan cara menggunakannya. Menurut farhan secara tidak langsung hal ini tentunya akan melatih pengetahuan para pemain  PUBG untuk memberi informasi tentang senjata.

“Farham berpendapat bahwa game seperti ini dimainkan oleh orang-orang di militer,” Farhan juga telah memaparkan mengenai sejarah game PUBG dan perkembangannya sampai sekarang ini. Menurutnya PUBG juga melecehkan beberapa simbol islam.

“Terkait dengan simbol-simbol Islam saya memang menjelaskan tapi tidak secara rinci pada PUBG saja, di situ ada simbol Islam yang diprotes malah bukan oleh muslim Indonesia saja. Jadi ada simbol Kakbah dijadikan kue dalam salah satu game itu,” beber praktisi IT ini.

“Dan ini tidak hoax karena pihak PUBG sendiri meminta maaf sudah ada klarifikasinya kalau mereka akan mengganti simbol itu,” ungkapnya.

Giamana menurut pendapat sobat terkait fatwa haram permainan PUBG ? Dan apakah sobat setuju pemerintah blokir PUBG atau tidak ?

Baca juga :

Itulah informasi terkait fatwa haram PUBG, ikuti terus informasi menarik lainnya di postingan terbaru jurnalgame.id

Gadel

Kepuasan yang didapatkan para pembaca adalah prioritas kami - www.jurnalgame.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close